Sabtu, 01 Juni 2013

HANYA SEBUAH MIMPI

Sebuah Penghargaan dari KBRI di Malaysia


“ Sebuah perjalanan spiritual terindah seumur hidupku menuju ke negeri jiran selama tujuh malam delapan hari, itu akan kami ceritakan dengan penuh rasa bahagia dan cerita ini akan menjadi saksi bisu dan menjadi kado spesial di hari tua nanti”


Hai teman-teman saya akan menceritakan pengalaman perjalanan saya di tiga Negara yaitu Malaysia, Singapore dan Thailand. Ditambah sedikit cerita yang bernuansa percintaan .Tapi mohon maaf sebelumnya mungkin saya sedikit berbeda dengan teman-teman yang lain dalam menceritakan kisahku, saya mencoba keluar dari rel  bahsa Indonesia yang baik dan benar, dengan mencoba menggunakan logat sendiri, biarlah apa kata orang yang jelas saya cinta produk lokal, saya cinta budayaku sendiri “ Makassar githu lhoo…”.

Baik perkenalkanka, namaku’ Haerul Hamka, teman-temanku’ di pesantren seringka napanggil Hamka atau kadang napanggilka’ Buya hamka, tapi apapun itu tidak akan perna merubah sedikitpun diriku’, malahan banggaka’ di panggil buya Hamka, biar bisaka ikuti jejaknya beliau Aamiin. Jujurka sejak SD dulu kelas empat cita-citaku’ mau sekalika’ pergi di Singapore, gara-gara guru IPSku selaluka naceritakan keindahan singapur, meskipun dia tidak perna tonji pale pergi kesana. Tapi bersyukurka diami yang buatka tergila-gila sama Singapore dan itu ku bawa sampaika kuliah. Dan ternyata itu terbukti teman- teman, sudama gang injakki kota Singapore samaka teman-temanku di Sastra Inggris UIN Angkatan 2010 yang nabilang dosenku angkatan Revolusi bede’ yang mampu menembus batas.

Rombongan berfoto di Dataran Merdeka
 oweeee jangan natap foto terus hehhehe,,, inimi Ceritanya chekitoutttt


*************
# MY ROOM #
Tepat tanggal 15 januari 2013, malam itu sangat berbeda dengan malam sebelumnya, keluarka dari rumah sambil menatap langit ternyata langit lagi murung, senyuman bulan tak nampak, kilauan bintang-bintang tertupi awan yang gelap, tetesan embun merasuk kedalam tubuhku, kerumunan semut yang sesekali bercumbu keluar dari sarangnya . Heheh sedikit puitiski kata-kataku di ???  kan saya anak sastra toh J, Kalau seperti inimi kondisinya nabilang orang tuata dulu, mauki bede hujan, dan ternyata itu betul tak lama kemudian hujanki.
Masukma dirumah sambil membuka laptop, kuarahkanki kursorku’ kesebuah polder andalanku’, yang setiap malam selaluka’ natemani sampaika tertidur. Tik…. Suara mosku berbunyi menandaka bahwa sudama bukaki itu file, suara music mulai terdengar dan mengalir sampai ketelingaku.
. . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . .  .
Tonight...
We are young
So let’s set the world on fire
We can burn brighter than the sun

Tonight...
We are young
So let’s set the world on fire
We can burn brighter than the sun

. . . . . . . . .
We are youngnya Fun temanika itu malam, ditamba suara hujan yang menyentu atap kamarku’, kucobaki pejamkan mataku’ tapi tidak tauka kenapa tidak bisa sekalika tidur itu malam, selaluka nahantui bayangan ketiga Negara itu. Malam semakin larut, jamku suda berkotek 12 kali mengisyaratka kalau suda jam 12mi, tapi betul-betul tidak bisapa tidur kodong. Sambil menikmati lagunya Fun ehh datangki lagi omku menggangu, natambahmi lagi penderitaanku yang dari tadi tidak bisa tidur ahhh..........
“ sudami kau atur barang-barangmu…?”
“ iye’ om sudami, dari kemarin siangji saya suda susun om ”   
“ kenapako pale belum tidur…?”  Munculmi muka jeleknya
“ iye tidak bisaka tidur om ” pasangma muka takutku
“ sapa suruhko banyak sekali kau minum kopi, tolo.. ”
“iye om” dalam hatiku “ kau yang tolo... ’’
Emm…. begitu memang omku selaluki marah, gara-gara ceraiki sama istrinya jadi begitumi tingkahnya sama saya kasian, tapi tetapja sabar karena orang sabar kan di sayang tuhan heheheh. Kemudian saya tertidur dengan lelap sambil bermimpi sesuatu yang indah.
Penulis sedang mengejar merpati di Batu Caves


*********
Di lobby fakultas, suasana hening tak ada suara sedikitpun, hari itu langit cerah, tak sedikitpun gumpalan awan hitam sehingga matahari memancarkan suryanya sampai ke sela-sela aspal yang berlubang. Matahari tersenyum seakan merestui perjalananku hari ini, tapi sepi sekali tidak adapi orang-orang di kampus, takutka kalau tidak jadi ini acara, kulihat jam tanganku ehh ternyata baru jam setenga delapan pale, ternyata saya yang cepat sekali datang heheheh.
            Sambil menunggu teman-temanku ku aktifkan hpku lalu masuk ke BBM, ku lihat deh… banyaknya temanku yang pingka kareana hari itu kupasang status “ OTW Malaysia “
“ ping !!!! “ (Ridwan)
“ kenapako bos”
“ ciee tawwa mau ke Malaysia J , oleh2 nah??? “
“ Iya kalau ada uang, :D “
Bosanka menunggu belum adapi yang datang, kubukami almamater UINku yang dari tadi kupake, lalu saya pasang hedsetku putar lagunya Noah.
……………….Tak pernah ku mengerti aku segila ini
Aku hidup untukmu, aku mati tanpamu
Tak pernah ku sadari aku sebodoh ini
Aku hidup untukmu, aku mati tanpamu
Air mata ini menyadarkanku oooh
Kau takkan pernah menjadi milikku ooo……………

Hidupku Untukmu, Mati Tanpamu nya Noah isiki kesendirianku pagi itu, kenapa itu orang di..?? setiap kuputarki itu lagu, pasti nabilangki emddd lagu galau lagi padahal tidak galau amatji tawwa lagunya, begitumi orang Indonesia terlalu banyak perotesnya tapi tidak ada kreatifitasnya. Sambil menikmati lagunya Noah tiba-tiba ……………
“oeee apa kau kerja disitu melamun terus, siapa sedeng kau pikir? “
“ ohh kau Mario saya kira siapa deh, dehh krenko cika pake almamater”
“ nassami iya cika’ sapa dulu dong marioo gitu loh”
“ hahaha lebaymu deh”
Tidak lama kemudian mualimi berdatangan anak jurusan yang lain, senior dan yuniorku pun suda datangmi, saya perhatikan matanya seniorku melirik kiri kanan dengan mata yang seakan menerkam, tidak tau kenapa begitu ekspresinya kalau nalihatka, munkin banggaki nalihat yuniornya berangkat tiga Negara ataukah emm……. ???????????????????????????????
Lamunanku’ tiba-tiba hilang gara-gara hadirnya sosok gadis cantik yang bernama Myla, pas di depanku. Itu hari Myla cantik sekali saya lihat, dengan jilbab warna hitam dan memakai almamater UIN, begitu juga senyumnya yang manis itu doo yang bikinka jatu hati sama dia.
“ hai myla J, baruki datang??” saya pasang muka manisku heheh
“ iye’ J, kita ia..?” dia pasang juga muka manisnya
“ dari tadiji, mana tasta? sini saya angkatkanki”
“ makasih banyak nah J” sambil menuju ke lantai 2
Myla itu orangnya baikki, dia juga ikut rombonganku, kampungnya tidak jauhji juga dari kampungku ka tetangga kotaja, kalau mauki kekampungnya haruski dulu melalui samudra yang paling dalam, ka kampungya sebuah pulau kecil yang ada di sulawasei selatan, tebak sendirimi pulau apa bede hehehe. Setelah pelepasan berangkatmaki ke pelataran fakultas ehh ketemuma lagi sama sang idola hatiku.
“ naikmi tasta di bus ???” sok cari perhatianka
“ iye belum, angkatkanka dulu Ham” dia jawab dengan senyuman J
“ohh iye, naikmaki sayapi angkatkanki”
Dalam perjalanan menuju bandara, selaluka  pandangiki mukanya yang imut itu karena tak jauhji tempat dudukku dari tempatnya. Sungguh perjalanan yang menyenangkan.

**********
            Sampaimaka di bandara Sultan Hasanuddin, suara-suara teriakan para call service bandara mulaimi terdengar, orang-orang pada lalu lalang mengurus kesibukannya. Tiba-tiba Hpku berbunyi ting…. Tinggggg… tingggg

Sempat berfoto di bandara Sultan Hasanuddin

### +6285242505xxx (mamiQ) memanggil……##
“ assalamu alaikum emmi’ “
“ waalaikumussalam, berangkatmaki nak ?? “
“belumpi, tapi iye maumi brangkat “
“ salamaki’ nak, bacaki doa sebelum berangkat”
“iye’ emmi” tut………..
Pembicaraan kami berhenti disitu. Tak lama kemudian berangkatma , semua suda naikmi di pesawat. Saya duduk di nomor 23 sementara myla sang idolaku’ duduk di bagian depan sekaliki. Tak lama kemudian pesawat suda berada di ketinggian 3000 kaki di atas permukaan laut, awan-awan yang putih menggumpal bagaikan sosok idolaku myla yang lagi tersenyum kepadaku, sakin cintaku sama dia biar di awan adaji sosok dirinya hehehe.
            Hari mulai soreh, sesekali saya menoleh ke jendela pesawat, cahaya matahari mulai redup namun masih saja menembus jendela itu, kupandangi awan mulai menguning oleh biasan cahaya sang surya di kala soreh hari, sungguh pemandangan yang indah. Hemm mulaimi lagi sok puitis hehehe. Bosanka di tempat dudukku saya kedepan cariki sang pujaanku dan ternyata dia lagi sendiri, ku ajakki ke tempat dudukku yang berada di belakang.
“myla, ayok kebelakangki deh” sok pasang senyum
“apa di belakang kah??”
“sinimaki, ada makanan khas bulukumba saya bawa”
“oo iya ayomii”
Sesampainya di kursi no 23 mulaima cerita-cerita sambil saya sodorkan makanan khas bulukumba, sambil makan berdua ………
“ myla ada saya mau tanyakanki ” saya pasang muka sedihku
“ apa, bilangmi ”
“ sebenarnya lamami saya perhatikan teruski, sejak masuk kuliahki,” dengan memandangi bola matanya
“terus…..”
“ mauka jujur, saya sukaki. Maujaki jadi pacarku?”  Tetap memandangi bola matanya
“ emmmm……..” dia pun memandangi bola mataku
“ seriuski kah sama saya? ”
 Saya sengaja tidak menjawab pertanyaannya karena saya mau buatki dulu dia pensaran sama saya. Perasaanku legah sekalimi suda ungkapkan perasaanku sama dia, sepertika lepas dari tindisan batu yang sangat besar.
**********
            Sampaima di Malaysia, sekarang menuju ke hotelma bermalam dua malam disitu, satu peristiwa yang saya tidak bisa lupakan, keluarka dari hotel tapi saya lupa ambil kuncinya emm apapi terkunci dari dalammi, untung adaji kunci yang lain. Dua malam berturut-turut saya selalu memandangi wajahnya myla setiap mauka tidur, selalu saja ada yang tersenyum di atap dan lagi-lagi myla terus, tapi masih bingungka ka belumpi naterima cintaku.
            Perjalanan menuju Singapore jauh sekali, capekka kurasa duduk. Tapi pas masuk kotanya rasa capekku hilangmi karena menyaksikan kota yang tertata rapih, betul-betul indah, tapi tidak nakala indahpi sang idolaku myla. Tapi saya menyesal gara-gara tidak saya bilang memang kalau saya serius sama dia ahirnya dia duduk sama orang lain di bus, deh sakitnya hatiku, di tambah belumpi najawab perasaanku terasa dunia ini hampa, sakitt. Setiap perjalan terasa hampa, keindahan kota Singapore dan Thailand tak bisa mengobati hatiku yang sakit ini.


***********
Hari terahir semua orang siap-siapmi ke bandara, tapi saya belumpa bergerak gara-gara patah hatika menanti jawaban yang belum keluar dari mulutnya Myla sang pujanggaku.  Teman-temanku suda siapmi terpaksa saya juga harus siapkanmmi semua, kemudian mobil menuju bandara. Sesampainya di bandara mulaima putus asa berusahama melupakan myla sang pujaanku, tiba-tiba myla datang dengan senyuman dan menghampiriku.
“ ham temanika dulu cari minum hauska” sambil tersenyum
“ iye’ ayomi ” dengan muka bahagia J ku temanimi
Ditenga perjalanan tiba-tiba myla bertanya
“ ham seriuski yang kita bilang dulu di pesawat? “
“Iye’ seriuska” kupasang muka manisku
“ iye’ mauja jadi pacarta, tapi janjiki janganki tinggalkanka nah??”
“ iye janjika” sambil meloncat dam tersenyum
Bahagiami perasaanku karena myla naterimama jadi pacarnya. Penantian yang lama ternyata membuahkan hasil yang luar biasa. Selama 2 jam saya menghabiskan waktu di store yang ada dibandara, ternyata saya lupa kalau maumaki pulang, sakin asyiknya berdua dengan myla.
“myl… kayaknya terlambatmaki deh” muka sedih
“ haa???? Iya ham 2 jammaki disini” muka kaget
“ayomi pulang”
Sampaima di ruang tunggu ternyata semua temanku pulangmi, tinggal saya mami berdua sama myla. Pesawat suda tibahmi di Makassar sementara saya berdua masi di bandara, baru tidak cukupmi juga uangku beli tiket gara-gara di kuras sam travel. Saking jengkelnya myla cubitka keras sekali, tiba-tiba saya terbangun dan ternyata semua ini hanyala mimpi, kulihat jamku sudah jam 08.00 suda waktunya berangkat ke kampus, munkin temanku suda menunggumi dari tadi kasian.
**********
# AT LOBBY #
       Tanggal 16 februari 2013, kumpulma sama temanku untuk berangkat ke Malaysia, kuceritaknmi mimpiku yang terjadi semalam sambil mereka ketawa-ketawa karena tidak percaya. Semoga perjalananku menuju ketiga Negara hari ini lebih indahki dari perjalanan yang saya dapatkan dalam mimpiku semalam. Setelah pelepasan oleh bapak pembantu dekan kamipun berdoa bersama dan berangkat dengan satu tekat dan harapan semoga perjalan kami mendapat berkah dari Allah SWT, Amin. Sampai jumpa di Malaysia, Singapore dan Thailand.
# TAMAT #
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar